Newsreel

Loading...

Kamis, 28 Februari 2013

Soal dan Jawaban Filsafat



1. Hikmah mempelajari filsuf    a.Thales  ,b. Anaximandros  ,c. Anaximenes

Tujuan hidup tidaklah mencapai kebaikan. Untuk kebaikan melainkan merasa kebahagiaan. Tujuan kita bukan untuk mengetahui, melainkan berbuat, dan bukan untuk mengetahui apa budi itu. Melainkan supaya kita menjadi orang yang berbudi.
Manusia tidak selamanya tepat pertimbangannya, adil sikapnya, kadang – kadang manusia berbuat yang tidak masuk akal. Oleh sebab itu, manusia perlu sekali tahu mengenai diri. Manusia yang tahu mengetahui diri hidup sebagaimana mestinya tidak terombang – ambing oleh hawa nafsu. Pengetahuan bersifat selalu bertumbuh sehingga jika suatu teori disanggah teori yang lain yang lebih masuk akal maka teori yang lalu akan ditinggalkan.

2. Jelaskan mengapa sokrates disebut metode dialektikta, metode seni kebidanan dan metode induktif ! apa alasannya ?

-Dialektis (dialektos) juga berarti pidato, pembicaraan, perdebatan. Alsannya Dialektika Sokrates ingin membawa manusia pada hakikat kebenaran melaui dialog-dialog untuk menjelaskan konsep-konsep secara bertahap.
- Induksi dalam metode yang digunakan Sokrates ini adalah menyimpulkan pengetahuan yang bersifat umum dengan bersumber pada pengetahuan yang bersifat khusus. Alasannya Bagi Sokrates, keutamaan adalah pengetahuan. Keutamaan yang dimiliki oleh seseorang yang memiliki keahlian tertentu akan membuat ia menjadi seorang ahli yang baik. Dalam keutamaan yang dimilikinya tersebut di dalamnya mengandung pengetahuan karena seorang ahli pasti mengetahui apa yang menjadi tujuan dari apa yang dihasilkan dari keahliannya.
-seni kebidanan dimana ia menganggap dirinya sebagai bidan yang membantu melahirkan pengertian yang benar dalam pikiran orang lain. Latar belakang keluarganya yaitu ibunya yang bekerja sebagai seorang bidan ikut mewarnai bagaimana ia berfilsafat. Sokrates ini hendak menyadarkan bahwa sebuah kebenaran itu tidak diperoleh begitu saja, melainkan membutuhkan perjuangan dengan bertanya dan terus bertanya.

3. Plato membagi masyarakat dalm 3 golongan, mengapa demikian dan apa saja penggolonganya ! Apakah ada perbedaan dengan pembagian golongan masyarakat dengan kasta agama hindu ! Tulis persamaan dan perbedaannya ? 

Tujuan hidup manusia adalah untuk mencapai kebahagiaan. Penggolongan masyarakat :
-masyarakat tinggi : pemimpin negara dan filsuf
-msyarkt tengah : para tentara yang menjaga keamanan
-masyarakat biasa : petani, pedagang yang menjaga ekonomi
Persaman : dalm suatu sistem kemasyarakatan mereka membagi tingkatan kelompok dari yang tertinggi ke yang terendah. 
Perbedaan : terletak pada sistem keturunan dan perkawinan bahwa dari kaum hindu jelas asal usulnya akan tetapi dalam teori plato keturunannya masih dipertanyakan.

4. Apa yang dapat sodara jelaskan tentang filsafat abad pertengahan ? Mengapa para filsufnya ada yang prokontra dalam menerima filsafat yunani, beri contoh masing2 ! Apa patristik dan scholastik ?

Perkembangan filsafat yunani pada abad pertengaahan terpecah menjadi dua masa yaitu patristik dan scholastik yang dimana menganut teologis (tuhan) bahwa kebenaran berasal dari agama kristen. Ada beberapa pandngan tentang filsafat yunani menolak (patristik) dengan alasan sudah ada kebenaran yang mutlak yang berasal dari tuhan maka tidak di benarkan mencari sumber kebenaran.dan adapun yag menerima (scholastik) akan tetapi dengan catatan bahwa ada kebenaran dari tuhan tidak ada salahnya untuk filsafat yunani untuk diambil metodenya yaitu cara berpikirnya. Patristik adalah para filsuf yang kebanyakan adalah para pemimpin gereja karna patristik berarti ROMO.scholastik adalah sekolah, bahwa ilmu pengetahuan pada abat ini di usahakan di sekolah2 yaitu sekolah2 yang di usahakan gereja.

5. Jelaskan aliran berikut beserta kelemahan2, siapa tokoh2nya dan contohnya.

a. Rationalisme, yaitu aliran yang mengemukakan bahwa sumber pengetahuan manusia ialah pikiran, rasio dan jiwa manusia. Tokohnya Blaise Pascal, Cristian Wolf, Rene Descartes, Baruch Spinoza, G.W Leibnitz. Contohnya Benda-benda dalam mimpi, halusinasi, ilusi dan kejadian dengan roh halus itu, bila dilihat dari posisi kita juga, itu tidak ada. Akan tetapi benda-benda itu sunguh-sunguh ada bila dilihat dari posisi kita dalam mimpi. Hausinasi. Ilusi dan roh halus. Klemhan akal bru dapat berpikir setelahnmendapatkan pengalaman. Akal tidak dapat mengkap objek, akal terbatas ada sesuatu yang bersifat irrasional.
b. Empirisme, yaitu aliran yang mengatakan bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari pengalaman manusia, dari dunia luar yang ditangkap pancainderanya. Klemahannya adalah sering menyesatkan, empiri bersifat subyektif,empiri tak dapat mengolah data karna hanya menangkap data, panca indra manusia terbatas, tkohnya john lock, hume, berkeley
c. Idealisme , Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa (mind) dan roh (spirit). Tokoh-tokoh dalam aliran ini adalah: Plato, Elea dan Hegel, Emanuael Kant, David Hume, Al Ghazali. Kelemhannya sering disebutkan bahwa orang yang menganut aliran ini adlah orang yang anti demokrasi sehingga mementingkan diri pribadi di bandingkan orang lain.
d. Realisme, yaitu aliran yang berpendirian bahwa pengetahuan manusia itu adalah gambar yang baik dan tepat dari kebenaran dalam pengetahuan yang baik tergambarkan kebenaran seperti sungguh-sungguhnya ada. Beberapa tokoh yang beraliran realisme: Aristoteles, Johan Amos Comenius, Wiliam Mc Gucken, Francis Bacon, John Locke, Galileo, David Hume, John Stuart Mill. Klemahan Dalam dunia ini terkadang ada hal irrasional dan gaib sehingga tidak dapat di jelaskan dengan logika.
e. Eksistensialisme adalah aliran filsafat yang pahamnya berpusat pada manusia individu yang bertanggung jawab atas kemauannya yang bebas tanpa memikirkan secara mendalam mana yang benar dan mana yang tidak benar. Beberapa tokoh dalam aliran ini : Jean Paul Satre, Soren Kierkegaard, Martin Buber, Martin Heidegger, Karl Jasper, Gabril Marcel, Paul Tillich.kelemahan Akan tetapi eksistensialisme sadar bahwa kebenaran relatif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar