Sabtu, 11 Agustus 2012

Berbagai Bumbu Dapur untuk Kesehatan



Mungkin masih banyak di antara Anda yang tidak mengetahui atau bahkan tidak menyangka bahwa ada banyak bumbu-bumbu dapur seperti bawang putih, cabai, kunyit, merica, jahe, bawang merah, dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit.

Sebenarnya, khasiat bumbu-bumbu dapur tersebut sudah diketahui sejak lama dan bahkan telah diturunkan.
Bahkan banyak otoritas kesehatan yang mengkonfirmasi aneka manfaat dari bahan-bahan masakan tersebut. Lantas, apa saja bumbu dapur yang bisa berperan ganda tersebut, selain untuk penyedap rasa, pun memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Berikut merupakan penjabaran secara detilnya.

Cabai


Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang disebut-sebut banyak memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Diantara beberapa manfaat cabai ialah 
meredakan penyakit pilek dan hidung tersumbat, 
penyembuh luka, 
mencegah stroke, 
meringankan sakit kepala dan nyeri sendi, 
menurunkan kadar kolesterol, 
antibiotik alami serta dapat meningkatkan nafsu makan. 
Cabai dapat menetralisir radikal bebas sehingga rusaknya sel tubuh dan  jaringan bisa dihindari. 
Cabai dapat membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh dan mengatasi sembelit. 
Cabai dapat membantu meringankan sakit pada otot dan rasa panas yang ada pada cabai bisa membantu memberikan efek panas pada kulit. Tetapi jangan terlalu banyak. Karena apabila diberikan terlalu banyak bisa menyebabkan luka bakar pada kulit. 
Cabai kaya dengan kalsium, vitamin A, dan vitamin C. 
Cabai juga bisa meredakan demam tinggi, tapi jangan dicoba untuk anak-anak di bawah umur karena efek panasnya bisa merusak kulit kepala. 
Cabai diyakini dapat meningkatkan kesuburan pada wanita maupun pria.
Cabai membantu mengurangi proses penuaan dan sebagai afrodisiak.

Kunyit

Sama dengan cabai, kunyit juga merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan untuk memasak. Beberapa kandungan kimia dalam kunyit yang telah diketahui ialah minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa sesquiterpen dan monoterpen, zat warna kuning sebanyak 5% atau yang sering disebut dengan kurkumonoid, fosfor, protein, kalium, zat besi, dan vitamin.
Sementara khasiat kunyit untuk kesehatan antara lain untuk mengatasi diabetes melitus (DM), usus buntu, disentri, tifus, memperlancar ASI, gusi bengkak, menstruasi yang tidak lancar, perut mulas saat haid, amandel, dan lainnya.

Bawang Merah

Bawang merah telah ada sejak 3.500 SM di Mesir. Beberapa kandungan zat yang ada dalam bawang merah antara lain vitamin, zat pati, saponin, peptide, metilallin, dihidroallin, minyak atsiri, dan lainnya.







Sementara khasiat bawang merah sangat banyak sekali yakni untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi, mengatasi demam dan perut kembung pada anak-anak, melancarkan buang air kecil maupun besar, membunuh kuman, menormalkan sistem saraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Bawang Putih

Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih ini banyak mengandung sumber vitamin dan mineral seperti fosfor, kalium, natrium, magnesium, dan besi.
Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat kesehatan seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu menghambat proses penuaan dan resiko terkena kanker, menurunkan kadar kolesterol, mencegah tejadinya penggumpalan darah, meredakan stres, kecemasan, depresi, meringankan tukak lambung, meningkatkan kadar insulin bagi para penderita diabetes, penawar racun, menambah nafsu makan, dan lainnya.

Merica

Merica biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit asma, mengatasi bau keringat, menyegarkan badan, haid yang tidak teratur, rematik, sakit kepala, tidak ada gairah seksual, impotensi, maupun meningkatkan stamina.

Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri, fellandren, minyak sineol, kamfer, asam aminos, vitamin A, B1,  C dan juga protein. Khasiatnya sendiri antara lain untuk mengatasi 
Impotensi, Batuk, Sakit kepala, Rematik,  Cacingan, Mencegah mual setelah dioperasi, Menghilangkan mual pada ibu hamil, dan Mengatasi sakit karena osteoarthritis.
Sariawan
Rebus jahe segar (800 gr) dan masukkan ke dalam mangkok yang siap digunakan. Gunakanlah rebusan air jahe hangat tersebut untuk berkumur, 2-3 kali sehari. Enam hingga sembilan kumuran akan memiliki hasil yang luar biasa.
Periodontitis
Kumur mulut dengan air jahe hangat pada pagi dan malam hari. Jika tenggorokan terasa sakit atau gatal, jahe hangat dapat ditambahkan garam dan gunakan 2-3 kali sehari.
Kerusakan gigi
Kumurlah mulut dengan jahe hangat pagi dan malam hari. Minum air jahe sebagai minuman sehari-hari dapat membantu mencegah dan meringankan gejala tersebut.
Migren
Rendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Cara semacam ini dapat membantu meringankan rasa sakit.
Mabuk
Minumlah air jahe hangat. Ketika seseorang mabuk, air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Dapat pula ditambahkan madu untuk meningkatkan rasa.
Jerawat
Cuci wajah dengan air jahe hangat pagi dan malam hari. Kondisi ini akan dapat meringankan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu 60 hari. Cara ini dapat pula diterapkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan kulit kering.


Ketombe
Gosoklah jahe mentah ke dalam rambut. Kemudian bilas dengan air jahe hangat. Metode ini juga dapat membantu mencegah rambut rontok. Di sejumlah toko di Tiongkok, mereka memiliki cara khusus menggunakan air jahe hangat untuk mencuci rambut. Banyak orang telah menikmati perawatan ini dengan hasil yang baik. Mencuci rambut dengan air jahe merupakan resep kuno peninggalan nenek moyang.
Nyeri Pinggang dan Punggung
Tambahkan sedikit garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Rendamlah handuk dengan air ini. Kemudian bilas dan tempel pada tempat yang terasa sakit. Ulangi beberapa kali. Metode ini dapat melemaskan otot dan membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi rasa sakit.
Mencegah Perut Buncit
Dengan mengkonsumsi jahe sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe sendiri mengandung metabolismedan memperlancar pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Membuat Tubuh Menjadi Perkasa
Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif membangun otot. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan kaena latihan fisik.

Sebagai Obat Jerawat
Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, untukmembantu mecegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari. Karena jika mangkonsumsi jahe pada dosis yang tinggi mampu menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatandan metabolisme tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Seperti yang telah di sebutkan di atas, jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Membersihkan Kotoran di Dalam Tubuh
Jika kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan begagai kotoan jahat yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Penggumpalan Darah
Di dalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang mempu mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan.
Kaki Bau
Tambahkan garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Rendam kaki selama 15 menit. Kemudian keringkan kaki dengan handuk lalu taburkan bedak talk. Selamat mencoba!!
Pilek
Rendam kaki hingga ke pergelangan dalam air jahe panas. Tambahkan garam dan cuka serta tambahkan air hangat secara terus menerus. Rendam sampai kaki berubah menjadi merah, metode ini juga baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk. 


Kayu Manis


Kayu manis tak hanya digunakan untuk bumbu masakan di Indonesia, namun juga telah mendunia. Khasiat kayu manis sendiri sangat banyak dimulai dari mengatasi infeksi kandung kemih, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi demam, mengatasi luka pada perut, batuk kronis, sinus, meredakan perut kembung, menurunkan berat badan, mengatasi kanker, bau mulut, dan berbagai khasiat lainnya.
Ternyata begitu banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit tubuh. Namun demikian, bukan berarti bahwa penggunaannya secara serta-merta tanpa pembicaraan dengan dokter. Penggunaan bahan-bahan alami ini alangkah lebih bijaknya kalau digunakan sebagai penunjang kesembuhan dan harus tetap berdasarkan arahan dari dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar