Jumat, 03 Agustus 2012

Paket Soal Sastra 2


1.      Tuti duduk membaca buku di atas kursi kayu yang lebar, di bawah pohon mangga, di hadapan rumah sebelah Cideng Weg. Tiap-tiap petang, apabila ia sudah menyelesaikan pekerjaan rumah dan sudah pula mandi dan berdandan, biasanya ia duduk di tempat itu menanti hari senja. Sesungguhnya, nikmat duduk berangin-angin di hadapan rumah memandang Cideng Weg yang sepi itu. Ke hadapan, latang ia melihat ke seberang kali, kepada rumah-rumah batu yang indah. Di langit jauh di belakang rumah bersusun, awan senja berbagai-bagai warnanya, mengantarkan matahari yang akan terbenam.
Latar penggalan novel Layar Terkembang di atas adalah …
A.    sebuah taman                          D. di rumah batu yang indah
B.     di depan rumah                       E.  menjelang senja
C.     di belakang rumah susun

2.      Novel Marianne Katoppo yang berjudul Raumanen dapat dikategorikan sebagai bacaan populer, Plot ceritanya sederhana saja. Manen bertemu Monang. Mereka saling mencinta. Terjadi kehamilan atas diri Manen akibat percintaan itu. Klimaksnya terjadi waktu Monang ternyata tak berani menikahi Manen lantaran orang tuanya menjodohkannya dengan gadis lain. Penyelesaiannya ialah Manen bunuh diri.
Unsur intrinsik yang terdapat pada penggalan resensi di atas adalah …
A.    sudut pandang dan plot                      D. sudut pandang dan latar
B.     gaya dan penokohan                           E. plot dan perwatakan
C.     perwatakan dan latar

3.      Surat-surat itu berbagai-bagailah isinya. Masing-masing menyatakan “cinta berahinya yang tidak terhingga” dengan rupa-rupa caranya. Ada yang mengancam hendak menembak diri di bawah jendela tempat Corrie di asrama jika cintanya tidak terbalas, ada yang hendak menghanyutkan diri di sungai Ciliwung, dan ada pula yang hendak membawa untungnya ke benua Amerika.
Sedikit pun Corrie tidak mengindahkan “ratap dan tangis” dari segala pihak itu, segala ancaman hendak meninggalkan “dunia air mata” ini, dibacanya dengan gelak terbahak-bahak seorang dirinya. (Salah Asuhan, Abdul Muis)
Gaya pengarang dalam penggalan roman di atas adalah gaya
  1. Menyindir                   D. menghibur
  2. Bercanda                     E. serius
  3. menasehati

4.      Beribu tahun yang lalu, hidup seekor naga raksasa berwarna merah. Dia sudah bosan hidup di bumi. Dikumpulkannya binatang-binatang lain untuk diajak hidup di balik awan. Ada sebuah tempat yang aman dan indah. Semua binatang yang ikut disuruhnya naik punggungnya. Ternyata yang ikut cukup banyak dan baru terasa bahwa tak mungkin mengangkat seluruh binatang yang ikut.
Naga Merah menggeliat, mendengus, mengeram, dan akhirnya terbang. Sampai setinggi pohon, dia baru mengetahui bebannya terlalu berat. Dia sendiri akan terjerembab jika yang menunggangi punggungnya tidak dijatuhkan.
Dari penggalan fabel tersebut dapat disimpulkan sifat tokoh Naga Merah adalah …
A.    suka memperhatikan nasib kawan-kawannya.
B.     Ceroboh dan tidak bertanggung jawab terhadap tindakannya.
C.     Sombong dan memamerkan kekuatannya di hadapan kawan-kawannya.
D.    Merasa senang bila mengetahui kawan-kawannya mendapat kecelakaan.
E.     Senang melihat kawannya menderita karena perbuatannya.

5.      Bukan guna-guna, bukan mantra, bukanlah yang gaib-gaib, yang dapat dipakai untuk melayani laki-laki. Tetapi perempuan yang menurut, selalu akan dicintai oleh suaminya. Sifat penurut pada perempuan membangkitkan kasihan laki-laki. Sifat penurut itu ialah jalan menuju cinta, kesungguhan hati menuju kasih sayang, dan setia membangkitkan kepercayaan. Bukan keturunan, bukan kekayaan dan kecantikan yang menjadi tiang perkawinan. Hanyalah semata-mata sifat penurut, menyesuaikan diri akan kemauan suami, kepandaian menjaga dan merahasiakan segala yang tak usah diketahui orang lain. Hanya itulah yang harus engkau pelajari … (Layar Terkembang, Sutan takdir Alisahbana).
Unsur budaya yang terdapat dalam kutipan di atas adalah …
A.    suami lebih berkuasa daripada istri                 D. istri harus selalu mengalah pada suami
B.     istri penurut menimbulkan kasih pada suami
C.     istri sangat jauh mencintai suami                    E. suami harus selalu dilayani oleh istri

6.      Pengarang menceritakan segala perasaan dan pengalamannya semasa kecil. Pengarang berhasil memaparkan peristiwa demi peristiwa secara berkesinambungan dan menuntut pembaca untuk menyelesaikan jalan cerita sampai terakhir. Pengarang menceritakan pertemuan tentara Jepang dengan tokoh di kebun belakang rumah. Cerita beranjak dari propaganda Jepang yang mengajak rakyat Indonesia berjuang untuk memenangkan perang Asia Timur Raya.
Unsur resensi yang menonjol dalam penggalan resensi moral di atas adalah ….
A.    Penokohan                  D. Sudut pandang
B.     Alur                             E. Tema
C.     Latar

7.      “Aku tidak meminta yang bukan-bukan, Sukri. Kemiskinan telah membikin aku terbiasa untuk menerima apa adanya. Kau tidak usah memikirkan kado. Dirimu adalah kado perkawinanku yang berharga. Ambillah aku, Sukri. Sebagai istrimuaku telah bahagia. Jangan pikirkan kado yang tidak-tidak.”
Watak tokoh aku dalam penggalan cerita di atas adalah
A.    penurut dan sabar                    D. sabar dan setia
B.     setia dan jujur                          E. lugas dan setia
C.     jujur dan lugas

8.      Sepeninggal babu, yang berjalan ke belakang dengan agak bersungut-sungut, duduklah Zubaidah di atas kursi. Pada air mukanya yang tak dapat dikatakan bulat penuh lagi, karena sudah agak lanjut umurnya, tetapi masih elok dan manis parasnya. Terbayang suatu perasaan yang terkandung di dalam hatinya. Rupanya perasaan itu sangat menyesakkan dadanya. Dua tiga kali ia menarik nafas panjang, mengeluh dengan perlahan-lahan
                  “Suria! Hal yang sekecil itu sudah menerbitkan marahnya, remah anaknya telah menyempitkan   merihnya! Akan tetapi hal lain-lain, yanag patut dan mesti diperhatikan, hampir tiada pernah dipedulikannya.  Rumah tangga! Begini sulitnya urusan rumah tangga, begini susahnya hidup sekarang ini, Suria berlaku bagai acuh tak acuh juga. Yang dipentingkannya hanyalah kesenangan dirinya. Burungnya lebih perlu kepadanya daripada anak-anaknya. Hampir tak pernah ia bertanya, bagaimana sekolah Aleh dan Enah…”
Masalah yang tersirat dalam penggalan cerpen di atas adalah …
A.    Suria lebih mencintai burungnya.
B.     Zubaidah selalu mempersoalkan anak-anaknya.
C.     Kenakalan Aleh dan Enah memusingkan bapak ibunya.
D.    Suria selalu mempermasalahkan yang kecil, sepele, dan tidak bermanfaat.
E.     Suria selalu mempermasalahkan Zubaidah yang tidak dapat melayani dengan baik.

9.      Si Teto anak kolong mengalami masa kanak-kanak, masa remaja, dan masa dewasa, akhirnya padat dengan pengalaman dan pemikiran yang arif bijaksana. Ia seorang tokoh yang berkembang  dari anak menjadi dewasa jasmani dan pikirannya. Teknologi, filsafat, mistik, bersatu dalam diri Setadewa, alias Teto.
Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi di atas adalah …
A.    perkembangan tokoh Teto.
B.     Gambaran tokoh Teto sejak kecil sampai dewasa
C.     Teto tokoh yang supel, pandai, dan bijaksana
D.    Teto seorang tokoh yang menguasai teknologi, filsafat, dan mistik.
E.     Liku-liku kehidupan tokoh Teto

10.   “Pulang ke mana Mas? Saya antarkan.” Tiba-tiba suara itu terdengar sangat dekat di telingaku sewaktu aku melangkah di halaman stasiun. Aku pura-pura tak peduli.
“ Pulang ke mana sih?” suara tukang becak itu berlanjut. Pasti ditujukan padaku. Terasa tangannya menggamit tasku.
“Dekat kok,” jawabnya sekenanya.
“ Ya, mari saya antarkan.”
Aku menoleh padanya. Sialan, dialah tukang becak yang selama dua kali berturut-turut kepulanganku berhasil mencegat dan akhirnya berhasil memaksaku naik becaknya. Yang pertama, setelah tiba di rumah dia meminta tambahan ongkos meskipun yang kuberikan sudah lebih dari cukup. (Sekali-sekali Mas, katanya). Yang terakhir waktu aku sedang menawar becak lain dia sengaja, dengan tubuh kerempengnya, menyorongkan becaknya. Kesudahannya dia aminta tambahan ongkos dengan gaya merengek.
Sifat tokoh tukang becak yang tersirat dalam penggalan cerpen di atas adalah ….
A.    suka memaksa                         D. tak tahu diri
B.     berlagak jagoan                       E. pemberani
C.     pengiba

11.  Aku pulang. Perasaanku tak menentu. Aku pergi tidur. Perasaanku tak karuan. Dan aku tak tertidur. Aku memejamkan mata. Harman adadalam kepala. Mengapa aku takdapat melenyapkan dia dan meandang dirinya tanpa arti? Mengapa sedih hatiku melihatnya bercanda dengan gadis lain? Aku merasa seperti seorang diri dan terpencil. Sendiri dan dilupakan. Sendiri dan tak punya arti. Tak punya arti sama sekali bagi Harnan. (Astiti Rahayu, karya Iskasiah Sutanto).
Jenis latar pada penggalan novel di atas adalah …
A.    Suasana                       C. daerah
B.     Ruang                          D. keadaan batin                      E. waktu

12.  Usman Effendi mengatakan bahwa penyelesaian Belenggu tidak sempurna. Pengarang memang tidak mematikan pelakunya, sehingga ceritanya berakhir, tapi menyuruh mereka berpisah sehingga dengan demikian cerita terpaksa berakhir. Namun bagi pengarang itulah akhirnya, walaupun kalimat terakhir cerita berbunyi ‘pintu kemanakah itu?’ Prof Teeuw beranggapan bahwa kalimat itu tidak menimbulkan keberanian, malah lebih menyatakan kesangsian daripada keyakinan.
Unsur yang dibahas pada penggalan bahasan roman di atas adalah …
A.    plot cerita                    C. tokoh cerita
B.     isi cerita                       D. ide cerita                            E. misi cerita

13.   Keprobadian Herman yang penuh kekuasaan seorang manajer itu cukup jelas, tetapi perkembangan pribadi “istri” kurang definitif. Apa yang hilang adalah suasana cerita. Arus rasa ini memang selalu kurang teraba dalam novel. Penjelasan persoalanlah yang selalu digarap penulisannya. Pembaca kurang terbawa larut dalam pengalaman batin tokoh-tokohnya karena berhasil memperbaiki persoalan “bentuk”  yang selalu kurang berhasil dalam kedua novelnya yang terdahulu. Daalam cerita ini yang dapat dilihat jelas permulaan, perkembangan persoalan itu dan akhir atau penyelesaian yang diajukan. Ia telah lengkap sebagai sebuah cerita, sebuah wujud, sebuah bentuk.
Unsur sastra yang dikritik dalam penggalan di atas adalah …
A.    sudut pandang                                    D. tema
B.     penokohan                               E. amanat
C.     alur

14.  Setelah Samsu membaca kecelakaan ini, lalu ia menundukkan kepalanya ke atas mejanya, menanagis amat sangat, karena sedih akan nasib kekasihnya dan untungnya sendiripun. Segala citaa-cita hatinya yang semakin lama diharap-harapkannya pada saat itu seakan hilang lenyap, sebagai sebuah batu jatuh ke lubuk, hujan jatuh ke pasir, tak dapat dicari lagi. Pengharapan yang telah sekian lama berurat berdaging dalam jantungnya, tiba-tiba diputusnya oleh Datuk Maringgih, dengan putus yang tak dapat disambung lagi (Siti Nurbaya karya Marah Rusli).
Watak tokoh Samsi dalam penggalan di atas ditampilkan melalui …
A.    uraian pengarang                     D. jalan pikiran tokoh
B.     uraian tokoh lain                     E. perbuatan tokoh
C.     pengalaman tokoh
     
15.  Tetapi Syeh Radjab memasukkan anaknya –dengan hati penuh harapan—ke sekolah pemerintah, sambil diberi pelajaran dan pendidikan agama serta cara-cara hidup di desanya. Cepat sekali ia mendapat hasil yang memuaskan dan mendapatkan penghargaan guru-gurunya. Ia selalu tekun dan menjaga sopan santun. Kalaupun tidak parlente, kebersihan selalu dipeliharanya. Di samping itu ia lebih jantan, bahasanya lebih baik dan lebih fasih dari teman-temannya anak-anak tuan besar yang suka menjulurkan lidah dan tidak dapat bicara bahasa Arab dengan baik itu. Sekaranag ia sudah menang pertandingan, harapannya sudah tidak akan meleset, dan dialah yang menjadi harapan keluarganya.
Penggalan di atas menggunakan sudut pandang …
A.    gaya akuan                              D. gaya diaan
B.     orang pertama                         E. orang kedua
C.     orang kedua jamak

16.  “Sekali lagi, risikonya tinggi. Kau boleh coret namaku dari kontrak ini kalau mau terus!” Ia menyebut dia “kau”. Rosano menatap tajam-tajam, mencoba mewngendalikan diri. “Oke!” katanya setelah mengontrol nafasnya. “Saya coret nama kamu. Akan saya laporkan itu pada Seismoclypse sebagai permintaan kamu sendiri.” (Saman karya Ayu Utami).
Watak tokoh Rosano dilukiskan melalui …
A.    apa yang diperbuatnya                                    D. ucapan-ucapannya
B.     penggambaran fisik tokoh                               E. pikiran-pikirannya
C.     penerangan langsung pengarang

17.  Beberapa hari kemudian aku tertarik pada seorang guru. Frits namanya. Orangnya bertipe piknis dan celoteh sekali. Celotehnya kadang-kadang bernada mengejek tetapi kalau dia diejek, dia takkan marah melainkan mengubahnya menjadi kelakar yang bertele-tele. (Sang Guru, Gerson Poyk).
Watak tokoh Frits dalam penggalan di atas dilukiskan melalui …
A.    tingkah lakunya                                               D. kondisi fisiknya
B.     cerita langsung pengarang                               E. tuturan pelaku lain
C.     cerita orang-orang di sekitarnya

18.  Pak Sastro juga beragama. Tapi, dia tak dapat menanggung perasaannya karena melihat betapa semangat beragama yang meluap itu terutama disebabkan penderitaannya karena kehilangan perkutut “Ya Allah!”
      “Alangkah besarnya persoalan yang engkau timpakan atas pundakku ini” katanya berkali-kali dalam hati.       Mudah-mudahan kawan-kawanku sedesa terhindar selanjutnya dari cedera (Koong, Iwan Simatupang).

Latar yang terdapat pada penggalan di atas menyatakan suasana …
A.    Ruang                                      D. tempat
B.     Waktu                                     E. daerah
C.     batin

19.  “Ia menghendaki aku seperti perempuan lain. Ia mengira aku meminta ini dan itu. Dan ia siap untuk memenuhi, untuk membuktikan bahwa ia adalah suami yang terhormat di mataku. Tapi aku tidak pernah meminta hingga akhirnya ia merasa malu (Warisan, Chairul Harun).
Penggalan novel di atas menggunakan sudut pandang
A.    orang pertama                         D. orang kedua
B.     diaan sertaan                           E. diaan taksertaan
C.     orang ketiga

20.  Mati yang mati, dikuburkan, habis kisahnya
terasa sedih, karena berpisah daripadanya
tapi hidup yang tiada artinya
terasa sedih, sebab bergaul dengan dirinya

Unsur intrinsik yang tidak terdapat pada bait puisi di atas adalah …
  1. Tema               D. latar
  2. Rima                E. pilihan kata
  3. Majas

21.  Lamalah sudah aku mencari
Berkelana kembali kian kemari
Bersuka raya di taman sari
Baru sekarang ‘ku mengerti
Bahwa bahagia di dalam hati
                                          (Sanusi Pane)
Sajak di atas menggambarkan ….
  1. Orang yang merasa berbahagia karena hasil yang telah dicapainya.
  2. Orang yang telah menjumpai apa yang dicari selama mengembara.
  3. Orang yang mencari kesunyian dan kedamaian dalam dirinya sendiri.
  4. Orang yang mencari kebahagiaan melalui kedamaian dalam hatinya.
  5. Orang yang mengembara ke mana-mana mencari ketenangan hidup.

22.  Pernyataan-pernyataan di bawah ini dapat digunakan untuk mengemukakan apresiasi, kecuali….
  1. Saya rasa novel ini sangat bagus, dan pantas dibaca oleh para remaja.
  2. Menurut pendapat saya novel ini sangat penting, dan perlu dibaca oleh para remaja.
  3. Saya kira novel ini memang sangat bagus, tetapi kiranya tidak cocok dibaca para remaja kita sekarang.
  4. Saya percaya bahwa Anda juga akan mengatakan baik dan perlu dibaca remaja bila Anda telah membaca novel ini.
  5. Kiranya novel ini sangat menarik bagi para remaja maka sebaiknya setiap remaja membacanya.

23.  Karya-karya sastra pada zaman Jepang bercorak simbolik karena ….
  1. takut berterus terang                           D. tidak berani bertanggung jawab
  2. untuk menghindari sensor Jepang       E. kekejaman pemerintah Jepang
  3. takut kepada pemerintah Jepang

24.  Yang dapat membedakan cerita pendek dan novel adalah ….
  1. masalah jenis karangan                                    D. masalah digresi dalam karangan
  2. masalah kesan yang ditimbulkan                    E. masalah sifat karangan
  3. masalah bentuk karangan

25.  Berikut ini masalah-masalah yang dapat membedakan pantun dan soneta, kecuali ….
  1. masalah sampiran dan isi                     D. masalah larik-larik tambahan
  2. masalah persajakan atau rima              E. masalah bentuk
  3. masalah jumlah baris atau larik


26.  Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Penggalan puisi di atas mengandung makna ….
  1. binatang yang bebas                            D. bebas dari segala ikatan
  2. binatang yang tak terikat                    E. semangat yang bebas melaksanakan getaran jiwa
  3. menurut kehendaknya sendiri

27.  Seluruh negeri ini
       Yang terlalu lama dizalimi
       Telah belajar kembali
       Untuk menjadi berani
       Dalam berbuat
       Untuk menjadi berani menghadapi mati
                                                              (Taufiq Ismalil)
      Isi puisi di atas lebih banyak menunjukkan ….
A.    masalah yang bersifat nasional             D. masalah yang bersifat sosial
B.     masalah yang bersifat universal                       E. masalah yang bersifat liberal
C.     masalah yang bersifat emosional

28.  Apakah yang kupunya, anak-anakku
Selain buku-buku dan sedikit ilmu
Sumber pengabdian kepadamu
Kalau di hari Minggu engkau datang ke rumahku
Aku takut, anak-anakku
Kursi-kursi tua yang di sana,
Dan meja tulis sederhana
Dan jendela-jendela yang tak pernah diganti kainnya
Semua padamu akan bercerita
Tentang hidupku di rumah tangga
                                                 (Hartoyo Andangjaya)
Puisi di atas bertemakan ….
  1. Kemanusiaan                                       D. keadilan sosial    
  2. patriotisme                                           E. kebangsaan                        
  3. percintaan

29.  Bukan guna-guna, bukan mantra, bukanlah yang gaib-gaib, yang dapat dipakai untuk melayani laki-laki. Tetapi perempuan yang penurut, selalu akan dicintai oleh suaminya. Sifat penurut pada perempuan membangkitkan kasihan laki-laki. Sifat penurut itu ialah jalan menuju cinta, kesungguhan kati menuju kasih sayang, dan setia membangkitkan kepercayaan. Bukan keturunan, bukan kekayaan dan kecantikan yang menjadi tiang perkawinan. Hanyalah semata-mata sifat penurut, menyesuaikan diri akan kemampuan suami, kepandaian menjaga dan merahasiakan segala yang tak usah diketahui orang lain. Hanya itulah yang harus engkau pelajari.                                                                                                       
      Unsur budaya yang terdapat dalam kutipan di atas adalah
A.    suami lebih berkuasa daripada istri                 
B.     istri sangat jauh mencintai suami
C.     istri harus selalu mengalah pada suami                       
D.    suami harus selalu dilayani oleh istri
E.     istri penurut menimbulkan kasih pada suami

30.  Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu

“Ini dari kami bertiga
  Pita hitam pada karangan bunga
  Sebab kami ikut berduka
  Bagi kakak yang ditembak mati
   Siang tadi “
                                           (Taufiq Ismail)
Masalah sosial yang terdapat dalam puisi ini ….
  1. kepedulian terhadap orang-orang yang menjadi korban
  2. warna hitam melambangkan kesedihan
  3. kehidupan masyarakat saling membunuh
  4. solidaritas dengan pemerintah
  5. saling memberi hadiah dan perhatian

31.  Si Teto anak kolong mengalami masa kanak-kanak, masa remaja, dan masa dewasa, akhirnya padat dengan pengalaman dan pemikiran yang arif bijaksana. Ia seorang tokoh yang berkembang dari anak menjadi dewasa jasmani dan pikirannya. Teknologi, filsafat, mistik, bersatu dalam diri Setadewa, alias Teto.
Unsur intrinsik yang disoroti dalam penggalan resensi di atas adalah ….
  1. Penokohan      B. tokoh          C. alur             D. latar                        E. Teto

32.  Novel Marianne Katoppo yang berjudul Raumanen dapat dikategorikan sebagai bacaan populer. Plot ceritanya sederhana saja. Manen bertemu Monang. Mereka saling mencintai. Terjadi kehamilan atas diri Manen akibat percintaan itu. Klimaksnya terjadi waktu Monang ternyata tak berani menikahi Manen lantaran orang tuanya menjodohkannya dengan gadis lain. Penyelesaianya ialah Manen bunuh diri.
Unsur intrinsik yang terdapat pada penggalan resensi di atas adalah ….
  1. sudut pandang dan plot                                  D. plot dan perwatakan
  2. sudut pandang dan latar                                 E. perwatakan dan latar
  3. gaya dan penokohan

33.  Tak lama kemudian muncul Dany, sang juara, dengan langkah tegap, dan pada wajahnya melekat cemooh yang menghinakan. Wajahnya lebih tua dan keras. Jaket petinjunya bersulam benang keemasan. Kakinya yang berotot tampak telanjang hampir sampai ke pinggangnya, menunjukkan keyakinan hatinya sebagai pemenang. Tetapi penonton menyorakinya dengan “Huuuuu!!!”
Metode penokohan yang ada dalam cerita tersebut adalah ….
  1. Analitik           B. dramatik     C. langsung                 D. deskriptif                E. deduktif

34.  Tuti dan Mari dua kakak beradik. Keduanya putri R. Wiraatmojo, mantan wedana di daerah Banten. Meskipun Tuti dan Maria bersaudara, sifat mereka sangat berbeda. Tuti seorang pendiam. Ia selalu berhati-hati dalam bertindak. Ia lebih banyak menggunakan akal dan pikiran daripada perasaan. Sebaliknya, Maria gadis yang lincah dan periang, mudah tertawa tapi juga mudah murung. Gadis itu lebih banyak menurutkan perasaannya. Sifat kedua kakak beradik yang berlainan menyebabkan keduanya sering tidak sependapat. (Layar Terkembang)
Unsur intrinsik yang paling dominan dalam penggalan novel di atas adalah ….
  1. Alur                                                     D. setting       
  2. gaya bercerita                                      E. penokohan             
  3. sudut pandang

35.  Awalnya cerita “Lidah Pingsan” bergerak dari seorang wartawan yang yakin terhadap profesinya. Bahwa melalui profesi wartawan yang telah digelutinya, ia akan memberikan kesaksian pada publikterhadap perilaku protes Pak Mardhiko dalam bentuk pepe di Balai Desa Menangan. Mardhiko yang petani ini protes lantaran anaknya dituduh menggerakkan kerusuhan dan hilang tak tentu rimbanya.
Penggalan kritik pementasan drama monolog “Lidah Pingsan” di atas menjelaskan tentang
  1. ringkasan cerita drama monolog “Lidah Pingsan”
  2. penjelasan segi menariknya drama monolog “Lidah Pingsan”
  3. kritik terhadap pertunjukan drama monolog “Lidah Pingsan”
  4. penilaian kritikus tentang pementasan drama monolog “Lidah Pingsan”
  5. komentar terhadap penampilan Butet sebagai pemain drama monolog “Lidah Pingsan”
36.  Adalah Lasi, seorang wanita desa berayah bekas serdadu Jepang. Kulitnya yang putih dan matanya yang khas membawa dirinya menjadi bekisar untuk hiasan sebuah gedung dan kehidupan mewah seorang lelaki tua Pak Han di Jakarta. Betapa gagap Lasi ketika menemukan nilai perkawinannya dengan Pak Han hanyalah sebuah keisengan dan main-main. Kanjat, laki-laki teman sepermainan yang diharapkan menolongnya ternyata tak lagi peduli. Begitulah Ahmad Tohari dalam bekisar Merah-nya mencoba menjalin persoalan yang dihadapi tokoh utama.
Penggalan resensi di atas menyajikan ….
  1. data buku yang sedang diresensi
  2. garis besar isi (sinopsis) novel
  3. alinea pembuka yang memperkenalkan pengarang
  4. ulasan singkat tentang keunggulan novel yang diresensi
  5. kritik terhadap jalan cerita dan gaya penceritaan novel yang diresensi

37.  Yudhis adalah penyair yang lugu. Keluguannya kadang-kadang sampai kepada titik nekad. Sebagai penulis sajak Yudhis nampaknya tidak memperdulikan apakah yang ditulisnya itu benar-benar sajak atau kisah, suatu pekerjaan untung-untungan, atau petualangan yang sama sekali tidak pernah dilakukan oleh penyair-penyair yang berbobot.
(Tentang Sajak Sikat Gigi Yudhistira, Sutardji CB)
Penggalan tulisan Sutardji di atas dapat digolongkan ke dalam ….
  1. apresiasi sastra                         D. Resensi          
  2. analisis sastra                           E. kritik sastra    
  3. teori sastra

38.  Bungan-bunga yang mekar seperti memberi warna pada senja. Udara terasa segar. Daun-daun yang melambai, seperti menyerahkan hijaunya pada amusim. Waktu merambat berputar pada sumbu. Rasa terik yang tadi diam-diam melangkah memasuki kelam yang menyeruak dari segenap dataran hijau. Warna-warna berubah mengelam. Kesenyapan mengedap dalam dada desa. Sepi tiba-tiba meriung seperti kawah gunung. Sepi yang mengalir seakan denyutan nadi. Seperti menguraikan kehidupan yang abadi.
(Apotik Hijau, Korrie Layun Rampan)
Unsur setting yang dipaparkan pengarang dalam penggalan cerita di atas adalah ….
  1. setting waktu              B. setting sosial                       C. setting tempat
  1. setting budaya             E. setting suasana

39.  Datanglah engkau wahai maut
Lepaskan aku dari nestapa
Engkau lagi tempatku berpaut
Di waktu ini gelap gulita (Amir Hamzah)
Jika diparafrasekan, penggalan puisi di atas dapat dinyatakan dengan kalimat di  bawah ini, kecuali
  1. Maut diminta datang oleh penyair untuk melepaskan dirinya dari kesedihan
  2. Supaya kesedihannya lenyap, penyair memilih mati
  3. Maut itu pula tempatnya meminta pertolongan karena waktu itu hatinya diliputi kekalutan
  4. Seorang teman menganjurkannya menghabisi nyawanya
  5. Ketika kesedihan menyelimuti, penyair putus asa dan berharap maut datang menjemput

40.  Apabila kritik hanya boleh kewat saluran resmi,
Maka hidup akan menjadi sayur tanpa garam
Lembaga pendapat umum tidak mengandung pernyataan
Tidak mengundang perdebatan
Dan akhirnya menjadi monopoli kekuasaan
                                                         (Aku Tulis Pamflet Ini, Rendra)
Sasaran kritik penggalan puisi di atas adalah ….
  1. dunia pendidikan                                D. keadaan ekonomi
  2. ketidakadilan                                      E. dekadensi moral
  3. keadaan politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar